Jumat, 15 April 2011

PEMBUATAN APLIKASI PEMUTAR VIDEO BERFORMAT MPEG MENGGUNAKAN J2ME

Untuk pembahasan pada postingan kali ini, saya akan mencoba untuk memaparkan cara untuk membuat suatu aplikasi di bidang multimedia. Saya akan membuat aplikasi video player menggunakan J2ME.

Sekilas latar belakang mengapa membuat aplikasi ini....

Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini,telah banyak kita jumpai berbagai macam apikasi yang dapat kita temui di dalam ponsel kita.Aplikasi tersebut merupakan pendukung yang ditawarkan oleh beberapa vendor ponsel yang ada di dunia.Vendor-vendor ini menawarkan mobile application yang beragam dan unik.Terdapat beberapa alasan mengenai mengapa para vendor selalu berusaha mengeluarkan inovasi yang baru.Selain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (user),vendor-vendor ponsel ini juga ingin menaikkan harga saing produk mereka dalam bidang penjualan.Untuk itu,pada kesempatan kali ini,penulis ingin mengedepankan hal yang berhubungan dengan aplikasi posel,yaitu Pemutaran Video Berformat mpeg.Di dalam aplikasi ini,kita dapat menonton video apa yang mau kita lihat,selama video masih dalam format mpeg.Video tersebut dapat kita masukkan melalui komputer dengan mengubah program (video lama) yang ada sudah ada dengan video baru yang hendak kita lihat.

Terdapat banyak software yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi seperti ini.Tetapi untuk kesempatan ini,penulis akan menggunakkan software J2ME (Java 2 Micro Edition).Software J2ME ini penulis gunakan agar dapat dijalakan pada ponsel yang memiliki fasilitas java.Hampir semua vendor ponsel di seluruh dunia dewasa ini telah menggunakkan fasilitas java di dalam produk ponsel mereka.Sehingga apa pun aplikasi maupun game yang dibuat dengan software J2ME,pasti akan dapat diproses di dalam ponsel-ponsel yang memiliki fasilitas java.


PEMBAHASAN

Untuk membuat aplikasi ini, ada beberapa software yang diperlukan, yaitu sebagai berikut :

  1. JDK Versi 1.6
  2. Wireless Toolkit 2.5.2
  3. Text Editor (Penulis menggunakan JCreator)

Langkah-langkahnya:

1.Buka software Wireless Toolkit 2.5.2. Di bawah ini:



2. Klik "New Project", lalu isikan Project Name dan MIDlet Class Namenya. Nama class disini harus merupakan nama dari class yang merupakan turunan dari MIDlet (extend MIDlet).

3. Setelah membuat project baru, kita akan melakukan setting project aplikasi J2ME dengan memilih tombol Setting pada jendela Wireless Toolkit. Dalam hal ini, kita akan melakukan setting pada API Selection untuk memilih JTWI (Java Technology for The Wireless Industry Specification) sebagai Platform dan CLCD 1.0 sebagai Configuration seperti gambar yang terlihat di bawah ini.


4. Setelah membuat new project dan melakukan setting, kita akan membuat program. Dalam pembuatan kode program aplikasi permainan Video Player Dimensi ini, penulis menggunakan JCreator sebagai text editornya. Kode program tersebut akan dimasukkan ke dalam folder C:\Users\nama_user\j2mewtk\2.5.2\apps\Vid1\src.

5. Setelah semua program dibuat, maka file-file program tersebut dicompile. Untuk mengcompile akan dilakukan dari jendela utama J2ME Wireless Toolkit dengan tombol open project lalu open vid1 seperti gambar yang terlihat di bawah ini.




6. Lalu tekan tombol Build untuk mengcompile seperti pada gambar di bawah ini.


7. Setelah berhasil di-Compile, lalu pilih Run...
Maka akan muncul output seperti:





Selesai sudah proses pembuatan aplikasi Video Player menggunakan J2ME.

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba






0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger